Resep Nasi Goreng Ikan Asin - Kumpulan Resep Sederhana, Mudah dan Enak - ResepJos

Nasi Goreng Ikan Asin

4.2/5 (1281 Votes)

Mama di rumah sering bikin ini buat sarapan Papa .. karena Beliau kebiasaan sarapan. Kalo saya dulu makannya ya pas siang2 pulang sekolah 😁😆Suka banget sama nasi goreng rumahan bikinan Mama. Rasanya gak aneh2 .. minimalis tapi enaaak. Gak pake kecap ini itu, gapake saos juga buat pewarna😊👍🏻top emang.. ini rasanya udah mirip sama yang di rumah .. yaiyalah resepnya aja nanya🤣😅Cuma kalo mama saya bikin biasanya ditambahin kol, berhubung gak punya, yauda gapake wkwkw .. 😁 gula jangan diganti kecap ya .. karena beda nanti rasanya. Mau pake garam atau kaldu bubuk juga terseraaah sesuai selera😊Kalo bikin setengah resep, jangan lupa dikurangi ya bumbunyaa😆👌🏼

Bahan-bahan

3 porsi
  • 2.5 piring nasi dingin (lebih bagus nasi sisa semalam)
  • 4 ekor ikan asin klotok (boleh diganti pake ikan peda atau ikan asin lain sesuai selera)
  • 1 butir telor ayam
  • 9 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 15 buah cabe rawit (sesuai selera)
  • 1 buah cabe merah besar
  • 1 batang daun bawang pre
  • garam/kaldu bubuk dan gula pasir Secukupnya
  • minyak untuk menumis Secukupnya

Langkah

30 menit (persiapan ± 8 menit)
  1. gambar cara memasak

    Nasinya kira2 segini yaa😁

  2. gambar cara memasak

    Ini ikan klotok yang saya pakai. Buang kepala, perut, sirip, dan ekornya (saya digunting hehehe)

  3. gambar cara memasak

    Kemudian cuci bersih di air mengalir, bersihkan juga perut dalamnya ya.. Oiya maaf fotonya gak fokus soalnya rempong banget wkwkw habis nyuci ikan asinnya.. takut hp bau amis juga😁😅

  4. gambar cara memasak

    Potong ikan asin kecil2. Kemudian goreng dengan sedikit minyak. Boleh kering/setengah kering. Kalo saya setengah kering.

  5. gambar cara memasak

    Nah ini ikan klotok saya yang sudah digoreng setengah kering.

  6. gambar cara memasak

    Haluskan secara terpisah, bawang merah-putih, cabe rawit, cabe besar, dan uleg kasar ikan klotok, iris tipis daun bawang pre. Kalo lagi males boleh dihaluskan secara bersamaan hehehe. Saya khusus bikin nasi goreng ini diuleg terpisah, karena kalo ditumis sendiri2 lebih wangi dan gak amis😁😁Ikan klotok boleh diuleg kasar/dibiarkan potongan2 kecil.

  7. gambar cara memasak

    Panaskan minyak, ceplok telornya kemudian orak arik.

  8. gambar cara memasak

    Masukkan bawang merah-putih halus. Tumis hingga wangi dan tanak. Pada tahap ini saya biasanya beri garam dan gula. Bumbunya sedikit lebih kuat, karena blm ketambahan nasi. Hati2 penggunaan garam berlebihan yaa.. karena ikan klotok udah asin.

  9. gambar cara memasak

    Masukkan cabe2an.. tumis terus hingga cabe tidak langu.

  10. gambar cara memasak

    Masukkan ikan klotok, aduk rata.

  11. gambar cara memasak

    Tambahkan nasi, kecilkan api kompornya.. kemudian aduk hingga rata.

  12. gambar cara memasak

    Jika sudah rata, cicipi kembali apa yg kurang..

  13. gambar cara memasak

    Jika sudah pas, api besarkan sedikit kemudian masukkan daun bawang. Aduk rata kurang lebih 3 menit.

  14. gambar cara memasak

    Jadi deeeeh, yuuuk bikin😁gampang dan pastinya simple banget😊. Cocok buat anak kosan yang gasuka ribet kayak saya.. hehehe tapi ini enaaaak serius harus coba :3

  15. gambar cara memasak

    Jadinya buanyaaaak😁 ini persiiis rasanya sama yang sering dibikin Mama saya kalo di rumah. Masakan rumah emang 👍🏻👍🏻Tambahin telor ceplok sendiri ya😊Ikan asinnya tenggelam, pas ngefoto males ngubek2 hehehe😆